KOMISI C TINJAU LOKASI KERUSAKAN TALUD SUNGAI OPAKDI DUSUN NAMBANGAN, DESA SELOHARJO, KECAMATAN PUND

Senin Pon, 14 Januari 2013 00:00 WIB ∼ 282 Komentar (0)

Rombongan Komisi C DPRD Kabupaten Bantul didampingi oleh pejabat dari Dinas SDA, Kantor BPDB Kabupaten Bantul, melakukan peninjauan lokasi terjadinya longsor pada talud sungai Opak di Dusun Nambangan, Desa Seloharjo, Kecamatan Pundong. Erosi atau longsornya talud tersebut terjadi akibat arus sungai Opak yang meluap karena hujan deras yang terjadi pada tanggal 4 Januari 2013, besarnya arus sungai tersebut meluap hingga menggerus bagian bawah talud. Sebenarnya pada titik lokasi terjadinya longsor telah dipasang Krip dari Bronjong sepanjang 18 meter dengan ketinggian 4  meter dan juga sudah dibangun penahan tanggul. Dari penejelasan Ka. Dinas Sumber Daya Air diperoleh informasi bahwa meskipun bukan kesalahan rekanan/kontrktor tetapi rekanan akan tetap memperbaiki panahan tanggul yang rusak akibat banjir tersebut. Diperoleh informasi pula bahwa sebenarnya penanganan Sungai Opak menjadi tanggungjawab Balai Besar Sungai Opak – Serayu.
Kesimpulan :
1. Komisi C DPRD Kabupaten Bantul merekomendasikan kepada Dinas/Instansi terkait untuk melakukan langkah-langkah penanggulangan erosi pada tanggul/talud sungai opak di dusun Nambangan, Desa Seloharjo, Kecamatan pundong, karena kalau tidak segera ditangani maka kerusakan akaibat erosi semakin besar.
2. Dalam menangani erosi tanggul sungai Opak di Dusun nambangan ini dengan memasang Krip tambahan sebanyak 4 buah dengan biaya sekitar Rp. 1 milyard. Selain itu juga perlu memasang penahan tanggul dan normalisasi aliran sungai.



Komentar (0)

Nama harus di isi.
Format E-mail tidak tepat.
Pesan harus diisi, minimal 10 karakter, maksimal 1000 karakter.