KOMISI D DPRD KABUPATEN BANTUL PANTAU PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS SEWON

Rabu Pahing, 4 Maret 2015 00:00 WIB ∼ 139 Komentar (0)

Salah satu bidang tugas   Komisi D DPRD Kabupaten Bantul yang membawahi bidang kesehatan memandang perlu untuk mengetahui bagaimana pelayanan Puskesmas terhadap masyarakat di Kabupaten Bantul.

Untuk itu pada Selasa, 6 Januari 2015 Komisi D DPRD Kabupaten Bantul melaksanakan monitoring pelayanan kesehatan ke PUSKESMAS Sewon. Rombongan Komisi D diterima oleh  kepala PUSKESMAS Sewon dr, Jaka Hardalaksana didampingi pejabat Ka.subbag. TU. Dalam kesempatan tersebut Komisi D meminta penjelasan terkait rencana persiapan sebelum menjadi Puskesmas BLUD dan juga terkait prosedur dan mekanisme rujukan dari PPK I (Pemberi Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama)
Kepala puskesmas menyampaikan bahwa :
-Ada beberapa tahapan yaitu BLUD penuh dan BLUD Bertahap, untuk menuju Puskesmas BLUD antara lain ada beberapa persyaratan yaitu substantif, teknis dan administratif.
-Persyaratan dalam administratif antara lain surat kesanggupan peningkatan kinerja, kesediaan di audit, adanya laporan keuangan, rncana strategis bisnis, standar pelayanan minimal, pola tata kelola. Untuk system rujukan ada pentahapan/berjenjang yaitu : PPK I (Puskesmas klinik, Dokter keluarga) PPK II (Rumah Sakit : RSUD, Betesda, dsb) PPK III (RSUP Dr. Sardjito)
-Sebetulnya untuk mendapatkan rujukan dari PPK I tidak dipersulit, PPK I akan memberikan rujukan apabila PPK I tidak mampu untuk menangani kasus tersebut, namun biasanya masyarakat akan lebih puas bila ditangani oleh dokter spesialis. Dalam mendapatkan surat rujukan dari PPK I setiap pasien (1 pasien) hanya mendapatkan 1 surat rujukan dari PPK I dalam 1 hari, namun bisa dilakukan rujukan internal bila diperlukan. Persiapan Puskesmas BLUD sudah dilaksanakan sejak akir tahun 2013. Persiapan dokumen dsb hingga 2014, dan sejak  1 Januari 2015 menjadi BLUD Penuh. Kendala yang dihadapi dalam Puskemas BLUD yaitu belum adanya SDM sebagai pengelola keuangan karena BLUD lebih fokus pada pola pengelolaan keuangan (PPK BLUD), jumlah karyawan saat inii ada 44 orang (PNS 41 orang dan 3 orang PTT) dengan dokter umum 4 orang, dokter gigi 1 orang.
Komisi D  mengharapkan adanya peningkatan pelayanan kesehatan dengan telah menjadinya Puskesmas BLUD di Kabupaten Bantul da untuk sementara memaksimalkan tenaga yang ada.



Komentar (0)

Nama harus di isi.
Format E-mail tidak tepat.
Pesan harus diisi, minimal 10 karakter, maksimal 1000 karakter.