DPRD BANTUL SAHKAN 7 RAPERDA TENTANG DESA

Jumat Legi, 17 April 2015 00:00 WIB ∼ 322 Komentar (0)

Komitmen pembangunan Desa sebagai ujung tombak pembangunan di Kabupaten Bantul menjadi prioritas utama bagi penyelenggara pemerintahan di Kabupaten Bantul. Perangkat perundang-undangan pun telah dipersiapkan dalam menuju tata kelola pemerintahan desa yang baik dan kredibel.

Statemen tersebut tidaklah berlebihan karena pada Kamis, 16 April 2015 DPRD Bantul bersama Bupati menyepakati dan mengesahkan 7 Rancangan Peraturan Daerah menjadi Peraturan Daerah dalam satu Rapat Paripurna. Adapun ketujuh Peraturan Daerah yang baru saja disahkan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Peraturan Daerah tentang Tata Cara Pemilihan, Pengangkatan dan Pemberhentian Lurah Desa;
  2. Peraturan Daerah tentang Pedoman Organisasi Pemerintah Desa;
  3. Peraturan Daerah tentang Pencabutan Peraturan Daerah Kabupaten Bantul Nomor 2 Tahun 2009 tentang Pokok-Pokok Pengelolaan Keuangan Desa;
  4. Peraturan Daerah tentang Pembentukan Produk Hukum Daerah;
  5. Peraturan Daerah tentang Pencabutan Peraturan Daerah Kabupaten Bantul Nomor 3 Tahun 2009 tentang Pedoman Pembentukan dan Mekanisme Penyusunan Peraturan Desa;
  6. Peraturan Daerah tentang Penetapan Desa;
  7. Peraturan Daerah tentang Pencabutan Peraturan Daerah Kabupaten Bantul Nomor 8 Tahun 2014 tentang Kedudukan Keuangan bagi Penyelenggara Pemerintahan Desa.

Dengan di sahkannya Peraturan Daerah tersebut diharapkan pelaksanaan pemerintahan di lingkup desa memiliki dasar peraturan yang telah valid. Disamping itu, mengingat banyaknya Lurah Desa yang telah purna tugas maka diharapkan proses pelaksanaan pemilihan Lurah Desa bisa berjalan dengan lancar.

Dalam Rapat Paripurna itu pula diagendakan Pemandangan Umum Fraksi terhadap LKPJ Akhir Tahun Anggaran 2014 Bupati Bantul dan LKPJ Akhir Masa Jabatan Bupati Bantul Tahun 2010-2015.



Komentar (0)

Nama harus di isi.
Format E-mail tidak tepat.
Pesan harus diisi, minimal 10 karakter, maksimal 1000 karakter.