UNAS HARI KETIGA, KOMISI D PANTAU SMKN 1 SEWON

Rabu Wage, 15 April 2015 00:00 WIB ∼ 222 Komentar (0)

Memasuki hari ketiga pelaksanaan Ujian Nasional (Rabu, 15 April 2015), Komisi D DPRD Kabupaten Bantul melanjutkan safari pemantauan UNASnya ke SMKN 1 Sewon (dulu SMKK). Sekolah yang terletak di sebelah barat Instalasi IPAL ini memiliki jurusan Tata Busana, Tata Boga dan jurusan terbaru yaitu Pariwisata.

Rombongan Komisi yang dipimpin oleh Enggar Suryo Jatmiko (Ketua Komisi ) ini diterima oleh Kepala Sekolah SMK 1 Sewon, Dra. Hj. Sudaryati beserta jajaran guru. Dalam sambutannya, Sudaryati menyampaikan terimakasih atas pemantauan yang yang dilakukan Komisi D disekolahnya dan gembira karena SMKN 1 Sewon terpilih untuk "dikaruhke" oleh wakil rakyatnya. Sedangkan Enggar Suryo Jatmiko menyatakan maksud dan tujuan peninjauan ini sebagai wujud tanggungjawab para wakil rakyat dalam ikut serta mensukseskan dunia pendidikan di Kabupaten Bantul.

Dalam dialog terdapat beberapa hal yang mengemuka antara lain sebagai berikut:

1. Jumlah siswa SMKN 1 Sewon yang ikut unas 383 siswa yang terbagi atas 3 sesi pelaksanaan UNAS di 4 laboratorium komputer yang dimiliki SMKN 1 Sewon.

2. Pelaksanaan UNAS sistem Computer Based Test (CBT) tidak mengalami kendala karena semua sudah dipersiapkan dari awal meliputi, penambahan bandwith internet, koordinasi dengan pihak terkait tentang penyediaan jaringan listrik dan penyediaan 3 unit komputer cadangan di masing- masing ruangan guna mengantisipasi keadaan maupun kendala yang akan terjadi.

3. Komentar dari siswa, guru maupun pihak sekolah bahwa pelaksanaan UNAS sistem CBT ini justru lebih mempermudah siswa dibandingkan sistem Base papper, bagi guru juga lebih terbantu dan sekolah juga lebih mudah dalam hal pelaksanaannya.

4.Meskipun UNAS buka lagi sebagai komponen utama penentu kelulusan siswa, namun dampak dari pelaksanaan UNAs ini adalah sebagai pemetaan seberapa bagus mutu dan kualitas pendidikan di sekolah juga sebagai faktor penentu dan pertimbangan bagi perguruan tinggi atau jenjang berikutnya dalam menyeleksi siswa yang akan masuk di perguruan tinggi.

 



Komentar (0)

Nama harus di isi.
Format E-mail tidak tepat.
Pesan harus diisi, minimal 10 karakter, maksimal 1000 karakter.