MENYOROTI PELAYANAN KESEHATAN DI UPT PUSKESMAS SEWON 2

Senin Pahing, 18 Mei 2015 00:00 WIB ∼ 121 Komentar (0)

Seusai melaksanakan peninjauan ke SD 1 Bantul, rombongan Komisi D DPRD Kabupaten Bantul melanjutkan peninjauannya ke UPT PUSKESMAS SEWON 2. Rombongan Komisi D DPRD Bantul diterima oleh Kepala UPTD Puskesmas Sewon 2, Hadi Pranoto,SKM,MPH. Ketua Komisi, Enggar Suryo Djatmiko mengutarakan maksud dan tujuan kunjungan adalah sebagai upaya pemantauan langsung pelaksanaan pelayanan kesehatan di UPT Puskesmas Sewon 2. Pemantauan ini bukan bermaksud untuk mencari kesalahan dari pelayanan keehatan yang diselenggarakan, namun sebagai upaya untuk mendengar langsung dari operator pelayanan kesehatan di tingkat Puskesmas tentang kendala-kendala yang kerap dialami untuk mencapai standar pelayanan minimal.

Dalam dialog yang dilaksanakan terdapat beberapa hal yang menjadi kendala dalam memajukan pelayanan di Puskesmas Sewon 2 antara lain sebagai berikut:

  1. Jumlah karyawan yang sangat terbatas, sebagai gambaran saat ini puskesmas memiliki 2 dokter umum dan 2 dokter gigi dengan melayani rata-rata 150 pasien tiap harinya, 130 pasien diantaranya adalah pasien BPJS. Disinilah proses administrasinya mengalami kendala karena staf administrasi hanya 1 orang, 1 orang apoteker dan 1 orang laborat, 5 perawat dan 2 bidan. Bisa dibayangkan betapa repotnya entri administrasi, laborat dan pelayanan obat saat pengunjung penuh.
  2. Sarana dan Prasarana ruangan yang terbatas, terutama ruang tunggu sehingga banyak pasien yang tidak mendapatkan tempat duduk di ruang tunggu. Akses ke ruang IGD pun harus melewati kursi tempat duduk di ruang tunggu mengingat keterbatasan lokasi.
  3. akses internet untuk entri data BPJS yang jika dalam waktu yang bersamaan mengalami kendala.

 



Komentar (0)

Nama harus di isi.
Format E-mail tidak tepat.
Pesan harus diisi, minimal 10 karakter, maksimal 1000 karakter.