MEMANFAATKAN SAFARI TARAWEH UNTUK JARING ASPIRASI

Rabu Kliwon, 29 Juni 2016 00:00 WIB ∼ 244 Komentar (0)

Menjaring aspirasi (jaring aspirasi) masyarakat adalah bagian dari tugas anggota DPRD ketika bertemu dengan konstituen. Oleh karena itu momentum ramadhan ini dipergunakan untuk dekat dengan masyarakat melalui agenda safari ramadhan. Sesuai dengan jadwal untuk tahun 1437 H ini kegiatan safari taraweh anggota DPRD dialokasikan pada masjid-masjid yang tersebar di 17 kecamatan. Adapun pemilihan lokasi berdasarkan daerah pemilihan masing-masing, dengan harapan anggota DPRD agar dekat dengan konstituen. “Kegiatan semacam ini dimaksudkan agar DPRD mendekat dengan konstituen/ masyarakat dan mampu menyerap aspirasi mereka” terang H. Ichwan Thamrin M, SE ketika safari di Pasutan, Trirenggo.
Pemanfaatan forum tersebut dinilai efektif karena akan muncul gagasan-gagasan pembangunan yang realistis sesuai kebutuhan masyarakat, selanjutnya DPRD akan menyalurkan melalui forum pembahasan APBD baik murni maupun perubahan. “Masyarakat silahkan menyampaikan aspirasinya, nanti DPRD akan menyalurkan” tambah Subhan Nawwawi yang safari di Miri, Pendowoharjo, Sewon. Taraweh menjadi salah satu sasaran karena pada kegiatan itu berkumpul seluruh komponen masyarakat yang usianya bervariasi. Keuntungannya gagasan yang disampaikanpun akan sesuai kebutuhan hajat hidup masyarakat secara riil sehingga manakala program tersebut disetujui oleh Pemkab dan dilaksanakan akan bermanfaat.
Kegiatan ini dinilai strategis karena agenda pembahasan anggaran perubahan sudah mendekati jadwal, direncanakan bulan September 2016 sudah disetujui sehingga Oktober bisa dilaksanakan. “Jika anggaran memungkinkan maka usulan masyarakat akan diperjuangkan”, papar anggota DPRD yang lain menjelaskan.



Komentar (0)

Nama harus di isi.
Format E-mail tidak tepat.
Pesan harus diisi, minimal 10 karakter, maksimal 1000 karakter.