TERKAIT PERIHAL KEPENDUDUKAN KOMISI I DPRD GIANYAR KUNJUNGI BANTUL

Jumat Pon, 17 Juni 2016 00:00 WIB ∼ 139 Komentar (0)

Database kependudukan adalah komponen yang amat berharga bagi pengambil kebijakan dalam menentukan pembangunan sumber daya manusia di daerahnya. Data kependudukan yang akurat senantiasa sebagai komponen kunci bagi lahirnya produk pembangunan yang bisa dimanfaatkan secara optimal oleh rakyatnya.

DPRD Kabupaten Gianyar dalam hal ini Komisi I merasa bahwa data kependudukan yang berbeda-beda di masing-masing lembaga pencacah jiwa adalah sebuah kendala dalam menentukan formula yang baik yang bagaimana dalam pembangunan. Perbedaan data base pendudukan juga seringkali dituding sebagai penyebab perselisihan ataupun sengketa dalam PILKADA.

Beberapa poin diatas terungkap ketika rombongan Komisi I DPRD Kabupaten Gianyar melakukan kunjungan komparasi di DPRD Kabupaten Bantul, Jumat (17-06-2016). Rombongan Komisi I DPRD Kabupaten Gianyar diterima oleh Sekretaris DPRD Kabupaten Bantul, Helmi Jamharis, MM didampingi jajaran SKPD terkait.

Menjawab permasalahan yang menjadi isu utama studi komparasi DPRD Kabupaten Gianyar kali ini, perwakilan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bantul, Tri S mengungkapkan bahwa data yang menjadi acuan bagi Pemerintah Kabupaten Bantul adalah data yang diperoleh sewaktu program e-KTP digulirkan. Data tersebut pulalah yang dipakai sebagai acuan pelaksanaan PILKADA di Kabupaten Bantul, sehingga tidak ada dualisme data kependudukan di Kabupaten Bantul.



Komentar (0)

Nama harus di isi.
Format E-mail tidak tepat.
Pesan harus diisi, minimal 10 karakter, maksimal 1000 karakter.