Pengelolaan Arsip Tak Bisa Dipandang sebelah Mata

Kamis Pon, 20 September 2018 09:32 WIB ∼ 43 Komentar (0)

Foto Berita

DPRD Bantul belum lama ini mengadakan Publik hearing terkait Rancangan Peraturan Daerah Penyelenggaraan Kearsipan. Acara yang berlangsung di Ruang Paripurna DPRD Bantul, (14/9) diikuti OPD dan beberapa instansi terkait hingga tingkat kelurahan. Hadir dalam acara ini beberapa anggota dewan yakni Sapta Sarosa, Sadji dan Amir Syarifudin.

  Dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip, Agus Sulistiana,MM mengemukan bahwa arsip adalah rekaman kegiatan yang ada di lembaga atau pribadi termasuk yang ada di lembaga daerah. “ Kenapa pengelolaan arsip diperlukan agar arsip dapat terpelihara dengan baik dan aman agar mudah dan ditemukan kembali, “ kata Agus.

  Peranan arsip sendiri adalah pusat informasi dalam membantu ingatan sebagai sumber dokumentasi yang dapat digunakan pemimpin dalam mengambil keputusan yang tepat dalam menghadapi masalah yang dihadapi. Arsip akan menjadi bukti autentik penyelenggaraan kegiatan.

Sementara itu.

Agus mengingatkan agar OPD dan kelurahan bisa lebih berperan dan punya komitmen dalam menjaga arsip arsip kalau perlu ada pertemuan rutin forum kearsipan guna pengelolaan arsip yang lebih baik. “ Arsip juga punya mada kadaluwarsa makanya tidak boleh kita sembarangan memusnahan arsip, boleh dimusnahkan tapi harus sesuai  dengan aturan, barang siapa menghilangkan arsip bisa kena pasal pidana jadi harus hati hati, “ kata Agus.

Sementara itu pakar arsip dari UGM, Waluyo,SS,M.Hum mengatakan bahwa sudah saatnya arsip tak boleh dipandang sebelah mata, dalam sejarahnya negara negara maju kuno sudah menempatkan arsip dalam pusat kekuasaan seperti jaman Yunani kuno. “ Tak bisa lagi arsip pada pinggiran penempatan arsip pada tengah. Arsip harus jadi bagian integral manajemen secara umum,” ujar Waluyo.

Arsip juga sangat berhubungan dengan istilah Good Governance atau pemerintahan yang baik karena suatu pemerintah akan dianggap baik jika manajemen kearsipannya juga baik tak amburadul. Pemerintah yang baik berarti pemerintah punya managemen kearsipan yang baik dan tertata karena akan mencerminkan tata administrasi dokumen yang baik.



Komentar (0)

Nama harus di isi.
Format E-mail tidak tepat.
Pesan harus diisi, minimal 10 karakter, maksimal 1000 karakter.