Upaya Preventif Kejaksaan Akan Mencegah Penyimpangan Korupsi

Selasa Pahing, 13 November 2018 14:54 WIB ∼ 27 Komentar (0)

Foto Berita

Kepala Kejaksaan Negeri Bantul mengungkapkan bahwa Kejaksaan bukan tempat yang menakutkan, jadi jangan sungkan datang ke kejaksaan. Terutama jika berkonsultasi permasalahan menyangkut hukum. Sehingga upaya preventif dari Kejaksaan dalam mencegah terjadinya penyimpangan korupsi bisa berhasil dan sehingga mampu mencegah anggota masyarakat tersangkut kasus masalah hukum.

Demikian salah satu poin yang diungkapkan Kepala Kejaksaan Negeri Bantul, Zuhandi SH, MH dalam paparannya di depan para anggota Legislatif dan Staf Sekretariat DPRD Kabupaten Bantul di ruang Paripurna DPRD, Senin ( 12/11).

“ Belum lama ini kita juga menggandeng 17 Kelurahan di Kabupaten Bantul, dan mengajak mereka untuk berkumpul bersama menyamakan persepsi soal upaya pencegahan tindak pidana korupsi, “ ujar Suhandi.  

Lebih lanjut dijelaskannya bahwa kegiatan yang dinamakan Mitra desa. 17 kelurahan yang jadi mitra kami dalam kegiatan kami. Kejaksaan ingin agar staf Kejaksaan mampu menjadi teman dan mitra sejajar dengan teman teman di desa dalam bekerjasama upaya preventif korupsi terutama setelah ada dana desa. “ Kami mendampingi mereka dalam proses Musrenbangdes, Penyusunan anggaran dan hingga pelaksanaan dan pertanggungjawabannya, Hal ini dilakukan agar mencegah penyelewengan anggaran desa, “ ujarnya. Karena kalau tak didampingi sejak awal maka banyak sekali Kepala Desa yang akan jadi korban, Itulah yang memotivasi kami dalam bekerjsama dengan pihak kelurahan.  

Selain itu ada pelayanan hukum keliling yang kami laksanakan pada minggu 1 dan 3 secara bergiliran. Kecamatan yang menyiapkan tempat dan kami yang menyiapkan narasumber. Dia mencontohkan kegiatan yang ada di Pleret dan melibatkan 100 an orang yang datang dan secara antusias menanyakan berbagai persoalan yang ada di masyarakat. “ Kami ingin lebih dekat dengan masyarakat, kami ingin dukungan penuh dari anggota dewan dalam melaksanakan kegiatan ini. Semoga teman teman ekseskutif juga mendukung agar program kami dapat berjalan lancar. “ Khususnya kepada para anggota DPRD silahkan datang ke Kejaksaan dan jika ada keragu-raguan kegiatan maka konsultasi ke kejaksanaan dan kejaksaan melakukan fungsinya berkenaan dengan saran secara hukum mengenai resiko yang ada, “ tambah Suhandi. Semoga dengan sering bisa berdiskusi maka  keberadaan kami bisa bersinergi dalam pembangunan di Kabupaten Bantul.



Komentar (0)

Nama harus di isi.
Format E-mail tidak tepat.
Pesan harus diisi, minimal 10 karakter, maksimal 1000 karakter.