Eks Karyawan PT Karisma Adukan nasib ke DPRD Bantul

Rabu Pahing, 13 Maret 2019 14:56 WIB ∼ 12 Komentar (0)

Foto Berita

Sebanya 40 Eks karyawan PT Kharisma Bantul mengadakan audiensi di DPRD Bantul. Kedatangan mereka diterima langsung oleh Ketua Komisi D,Paidi SIP yang didampingi oleh Kepala Disnakertrans Bantul, Drs.Sulistiyanto,M.Pd beserta jajarannya. Maksud kedatangan mereka untuk mengadukan persoalan PHK yang menimpa mereka.

“ Saat ini ada ada sekitar 100 orang karyawan yang terkena PHK, PHK ini dilakukan sejak tahun 2017 dan dianggap tak sesuai dengan pasal 156 UU Ketenagakerjaan tahun 2013. PHK ini ditengarai tanpa disertai alasan yang kuat dari perusahaan, sehingga hak hak pesangon juga tak diberikan,” demikian disampaikan Santosa,selaku kuasa hukum para eks pekerja PT Karisma.

Santosa juga menjelaskan bahwa selama ini sistem kontrak karyawan juga tidak begitu jelas dan tak sesuai UU Ketenagakerjaan pasal 59 Tahun 2013. menurut aturan seharusnya karyawan kontrak hanya maksimal 3 tahun tetapi kenyataanya ada yang lebih dari 8 tahun tetap aja karyawan kontrak.

Sementara itu, Paidi menanggapi bahwa persoalan ketenagakerjaan menjadi perhatian dan wewenang Komisi D sehingga persoalan PHK di PT Karisma telah menjadi juga keprihatinan DPRD. “ Kami akan melindungi hak hak pekerja, jika ada sesuatu yang salah harus melapor ke Dinas tenaga kerja agar ada penyelesaian segera. Kami terus memantau perkembangan kasus PHK ini liwat Dinas Nakertrans,” ujar Paidi.

Sementara itu Kepala Dinas Nakertrans , Sulistiyanto menjelaskan bahwa prinsipnya Disnakertrans akan melindungi tenaga kerja sesuai dengan UU yang berlaku. “ Itu sudah menjadi kewajiban kita menyelesaikan semua permasalahan ini. Harapan saya semua masalah bisa selesai liwat mediasi antara pekerja dan industri sesuai dengan aturan yang berlaku,” Ditambahkannya bahwa jika ada permasalahan hendaknya para pekerja melapor ke Dinas Nakertrans agar ada laporan tertulis yang menjadi dasar penyelesaiaan liwat mediasi. Karena memang prosedurnya seperti itu sesuai yang ada di UU ketenagakerjaan. Soal PT Karisma Sulis menjelaskan bahwa sudah ada mediasi bipartit pihak perusahaan dengan 11 eks karyawan. Jadi baru ada 11 orang yang mengajukan secara tertulis di Disnakertrans soal PHK tersebut. 



Komentar (0)

Nama harus di isi.
Format E-mail tidak tepat.
Pesan harus diisi, minimal 10 karakter, maksimal 1000 karakter.