Pelantikan DPRD Baru periode 2019-2024

Rabu Legi, 14 Agustus 2019 09:29 WIB ∼ 44 Komentar (0)

Foto Berita

Bertempat di Ruang Paripurna DPRD Bantul, Selasa (13/8) dilaksanakan pelantikan anggota baru DPRD masa bhakti 2019-2024.  Pengucapan sumpah dan janji dilakukan oleh Ketua Pengadilan Negeri Bantul,  Alimin Ribut Sujono,SH,MH. Acara ini dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati,Sekda Bantul, OPD dan beberapa undangan lainnya.

Acara dimulai dengan sidang paripurna Pelantikan anggota baru DPRD Bantul oleh Ketua DPRD Hanung Raharjo,ST, selanjutnya dilakukan pengambilan sumpah dan janji anggota baru DPRD Bantul dengan didampingi oleh rohaniwan masing masing agama.

Sementara dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Bupati Bantul Suharsono,Gubernur DY, Sri Sultan HB V berharap jajaran DPRD Bantul dapat menyelenggarkan urusan pemerintahan dengan sebaik baiknya. DPRD memiliki peran strategis dalam fungsi legislasi,fungsi anggaran dan fungsi pengawasan. “ berkaitan dengan fungsi pengawasan, anggota dewan hendaknya bisa melakukan pengawasan dengan memegang teguh etika politik,visi politik, dan platform partai. Sehingga dalam mengawasi jalannya  pemerintahan, selalu berpedoman pada peraturan perundang undangan tidak berdasarkan cerita dan fiksi dan tidak berdasarkan cerita “ katanya”,” ujar Gubernur DIY.

Lebih lanjut Sultan mengatakan bahwa tantangan DPRD saat ini adalah menjalankan reformasi politik total untuk menangkis isu isu  negatif yang selalu berkembang sehingga demokrasi dan demokratisasi bisa dipercaya sebagai proses yang paling pas. Jajaran DPRD Kabupaten Bantul dalam menjalankan tugas dan kewenangan harus senantiasa diarahkan untuk memperkuat pondasi awal perkembangan pemerintahan dan pembangunan serta mengupayakan kesejahteraan masyarakat. “ Jajaran DPRD Kab.Bantul yang baru harus mampu mengoptimalkan fungsi keterwakilan untuk memperjuangkan setiap fungsi keterwakilan untuk memperjuangkan setiap aspirasi masyarakat,” tambah Sultan HB V.

Selanjutnya juga diserahterimakan jabatan Pimpinan DPRD kepada pimpinan DPRD sementara. Setelah itu juga ada acara penyerahan kenang kenangan kepada para anggota DPRD periode 2014- 2019. Acara ditutup dengan ucapan selamat kepada anggota DPRD baru  dari undangan yang hadir dan ramah tamah.



Komentar (0)

Nama harus di isi.
Format E-mail tidak tepat.
Pesan harus diisi, minimal 10 karakter, maksimal 1000 karakter.