DPRD Adakan Reses Kembali

Rabu Wage, 13 Mei 2020 09:40 WIB ∼ 72 Komentar (0)

Foto Berita

Mulai hari Senin (11/5) seluruh 45  anggota DPRD Bantul dijadwalkan akan kembali melakukan agenda reses. Agenda Reses I di tahun 2020 ini  menurut rencana akan dilakukan di 6 Dapil yang tersebar di berbagai wilayah Kabupaten Bantul. Pelaksanaan reses akan berlangsung dari Tgl.11 - 16 Mei 2020 mendatang.

Seluruh anggota DPRD Kabupaten Bantul, turun ke Daerah Pemilihan (Dapil) mereka masing-masing untuk menampung aspirasi dari konstituennya. " Reses merupakan salah satu agenda anggota Dewan untuk menyerap aspirasi rakyat yang diwakilinya,"  ujar Sekretaris DPRD Bantul, Praptanugraha,S.Sos,MH. di ruangannya, (Kamis 12/5).Yang berbeda dalam reses di masa pandemi Convid-19 adalah pelaksanaan dibagi dalam berbagai sesi dengan peserta maksimal 10 orang. Hal ini sesuai dengan protokol kesehatan agar tak mengumpulkan masa terlalu banyak orang.

Sementara itu Ketua DPRD Bantul Hanung Raharjo,ST mengatakan bahwa pelaksanaan Reses ini juga untuk mengawal program pemerintah di daerah pemilihan (Dapil) masing-masing serta mendorong percepatan peningkatan kesejahteraan rakyat. " Untuk itu kami mengharapkan para anggota DPRD Bantul untuk memanfaatkan momen ini dengan baik bertemu dan menyerap aspirasi masyarakat. Semua usulan reses hendaknya tidak sekadar ditampung melainkan diwujudkan sebagai bentuk respon atas kebutuhan urgen masyarakat." ujar Hanung.

Sebagaimana dijelaskan diatas, Reses adalah komunikasi dua arah antara legislatif dengan konstituen melalui kunjungan kerja secara berkala. Hal ini merupakan kewajiban anggota DPRD untuk bertemu dengan konstituennya secara rutin pada setiap masa reses. Para anggota DPRD Kabupaten Bantul direncanakan di tahun 2020 ini akan lakukan 3 kali reses.



Komentar (0)

Nama harus di isi.
Format E-mail tidak tepat.
Pesan harus diisi, minimal 10 karakter, maksimal 1000 karakter.