BADAN PEMBENTUKAN PERDA DPRD KABUPATEN BANTUL GELAR SOSIALISASI PERDA TENTANG PENYERAHAN DAN PENGELOLAAN SARANA, PRASARANA DAN UTILITAS PERUMAHAN

Selasa Pon, 21 Juli 2020 14:51 WIB ∼ 25 Komentar (0)

Foto Berita

Semakin meningkatnya kebutuhan akan rumah tinggal dan makin banyaknya pendatang yang ingin memiliki rumah di Daerah Istimewa Yogyakarta dewasa ini, menjadikan Kabupaten Bantul tempat tujuan dibangunnya kawasan perumahan. Kalau beberapa saat yang lalu perkembangan daerah permukiman mengarah ke kawasan utara DIY, saat ini keadaan berubah karena akses bandara berada di kawasan selatan DIY.

Pembangunan kawasan perumahan, utamanya dari pengembang perumahan perlu memperhatikan kepentingan-kepentingan baik kepentingan umum, kepentingan masyarakat maupun konsumen perumahan itu sendiri. Sebagai contoh beberapa kali terjadi kesulitan warga perumahan untuk mendapatkan tempat dimakamkan keluarganya yang meninggal, kepentingan desa sekitar yang terganggu aksesnya karena ada perumahan maupun terkait saluran limbah yang perlu koordinasi agar tidak mencemari kawasan lainnya.

Badan Pembentukan Peraturan Daerah DPRD Kabupaten Bantul melaksanakan sosialisasi Peraturah Daerah Nomor 5 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kabupaten Bantul Nomor 6 tahun 2014 tentang Penyerahan dan Pengelolaan Prasarana, Sarana dan Utilitas Perumahan. Acara ini dimaksudkan agar Peraturan Daerah tersebut difahami oleh jajaran aparatur pemerintah daerah, jajaran pemerintah desa dan masyarakat luas. Hadir menjadi narasumber dalam kesempatan tersebut H. Sigit Nursyam Priyanto, S.Si (bapemperda) menyampaikan materi tentang Tugas Badan pembentukan Peraturan Daerah dan Program pembentukan Peraturan Daerah. Selanjutnya H. Bibit Rustamta, SH (Komisi B) menyampaikan materi tentang Sekilas Perda nomor 5 Tahun 2017, dan Suprapto, ST ( Kabid Perumahan dan Permukiman DPUPKP) menyampaikan materi tentang Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten BAntul Nomor 5 Tahun 2017 tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2014 tentang Penyerahan dan Pengelolaan Prasarana, Sarana dan Utilitas Perumahan. Bertindak sebagai moderator dalam kesempatan ini Sukardiyono, SH (Komisi A). sementara peserta yang diundang adalah jajaran pimpinan panewon, dan pimpinan Kalurahan di wilayah Kabupaten Bantul.



Komentar (0)

Nama harus di isi.
Format E-mail tidak tepat.
Pesan harus diisi, minimal 10 karakter, maksimal 1000 karakter.