DPRD Bantul Gelar Refleksi satu tahun masa tugas anggota DPRD Bantul masa bakti 2019-2020

Jumat Pahing, 14 Agustus 2020 14:48 WIB ∼ 37 Komentar (0)

Foto Berita

DPRD Bantul , Kamis (13/8) mengadakan acara refleksi satu tahun masa tugas anggota DPRD Bantul masa bakti 2019-2020 di looby DPRD. Hadir dalam acara tersebut Ketua DPRD Hanung Raharjo,ST, Wakil Pimpinan dan sebagian besar anggota DPRD Bantul.

Dalam acara tersebut Hanung Raharjo memberikan sambutan dan merefleksi masa tugas DPRD Masa Jabatan 2019-2020. “ Sebagaimana kita ketahui tak terasa setahun kita melaksanakan tugas sebagai anggota DPRD Bantul, tentunya banyak hal yang telah kita lalui bersama,” ujarnya.

Dalam sambutan tertulisnya Ketua DPRD mengatakan bahwa :

Pada hari ini Kamis, 13 Agustus 2020, genap setahun Anggota DPRD Kabupaten Bantul masa jabatan 2019-2024 melaksanakan tugasnya setelah diambil sumpah dan janjinya pada tanggal 13  Agustus tahun lalu. Kami Pimpinan DPRD mengajak seluruh anggota DPRD Kabupaten Bantul, untuk menjalankan tugas yang diamanatkan peraturan perundang-undangan kepada kita dalam penyelenggaraan Pemerintahan Daerah. “ Kita harus bersama-sama membangun kerjasama melalui tri fungsi kita yaitu fungsi Pembentukan Perda, fungsi Anggaran, dan fungsi Pengawasan bersam-sama dengan Pemerintah Daerah,"ujar Hanung Raharjo.

Sebagai mana kita ketahui, bahwa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD ) adalah merupakan Lembaga Perwakilan Rakyat Daerah, dan sekaligus sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah, memiliki peran strategis untuk mengawal jalannya pemerintahan daerah agar dapat dikelola dengan baik guna meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat. 

Peran DPRD Kabupaten Bantul  untuk mengawal pengelolaan pemerintahan daerah terutama yang diselengarakan oleh Bupati sebagai Kepala Daerah dan perangkat daerah menjadi penting untuk dilakukan, mengingat DPRD adalah lembaga representasi masyarakat, dimana keseluruhan kepentingan dan kebutuhan masyarakat menjadi substansi utama yang diperjuangkan untuk menjadi agenda dan program pembangunan daerah, yang dibahas dan ditetapkan secara bersama Kepala Daerah selaku pemimpin pemerintah daerah.

Namun Pandemi Covid-19 datang dan banyak menghambat kegiatan DPRD Kabupaten Bantul. Sehingga ditengah Wabah pendemi Covid-19 DPRD Kabupaten Bantul bersama Pemkab Bantul  fokus pada isu-isu terkait dampak wabah virus corona di berbagai sektor. Fungsi pengawasan juga tetap dilakukan terhadap permasalahan-permasalahan yang menjadi perhatian rakyat di berbagai bidang dan sektor. Beberapa kebijakan yang telah ditetapkan DPRD Kab.Bantul adalah melakukan refocusing anggaran dengan  meniadakan beberapa kegiatan kunjungan kerja luar daerah dan memperbanyak kegiatan kunjungan kerja ke kecamatan kecamatan yang ada di wilayah Bantul  selama pandemi corona ini.

Kinerja Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Bantul  kami laporkan  selama tahun pertama DPRD Bantul telah menghasilkan beberapa Perda yaitu Perda APBD tahun 2020, Peraturan Tatib DPRD dan Pertanggungjawaban APBD 2019 . 



Komentar (0)

Nama harus di isi.
Format E-mail tidak tepat.
Pesan harus diisi, minimal 10 karakter, maksimal 1000 karakter.