SEKRETARIAT DPRD KABUPATEN BANTUL GELAR PELATIHAN e-surat

Selasa Wage, 11 Agustus 2020 15:04 WIB ∼ 49 Komentar (0)

Foto Berita

Dalam rangka pemenuhan tata kelola Administrasi Pemerintahan yang memenuhi azas Efektif, Efisien dan Akuntabilitas serta peduli lingkungan melalui program paperless, Pemerintah dewasa ini mengembangkan satu aplikasi yang bernama e-surat. Aplikasi e-Surat merupakan salah satu implementasi e-Government di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bantul tidak terkecuali di lingkungan sekretariat DPRD Kabupaten Bantul. Aplikasi ini diharapkan makin memudahkan proses komunikasi antar OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bantul dan lingkup dalam OPD Sekretariat DPRD Kabupaten bantul.

Oleh karena itu pada Selasa (11/8) Sekretariat DPRD Kabupaten Bantul, mengadakan Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Pengelolaan Surat Secara Elektronik (e-surat) bagi para pejabat, staf ASN dan non ASN serta Operator. Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi E-Surat dilaksanakan di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Bantul, dibuka oleh Sekretaris DPRD Praptanugraha, S.Sos, MH, sedangkan narasumber yang menyampaikan materi adalah team dari Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Bantul. Materi pelatihan diawali dengan presentasi penggunaan Apliaksi E-Surat versi Desktop, penggunaan Aplikasi E-Surat versi Android, dilanjutkan dengan praktek langsung meliputi: download Aplikasi, instal Aplikasi dan praktek disposisi surat bagi para pejabat.

Aplikasi E-Surat ini dapet diakses melalui browser dengan alamat http://esurat.bantulkab.go.id pada komputer desktop atau laptop. Selain itu, Aplikasi E-Surat ini pun dapat diakses melalui HP Android untuk fungsi memberi disposisi dan menerima disposisi. Versi Android ini akan sangat membantu dalam hal pendisposissian surat. Sehingga meskipun seorang pejabat sedang tidak ada di kantor atau di luar kota sekalipun. Ia akan tetap dapat menerima infromasi surat yang masuk, yang diinput oleh operator di kantor. Sehingga bisa segera memberikan disposisi dan pekerjaan tidak harus tertunda karena seorang kepala OPD sedang ada di luar kantor. Demikian halnya dengan seorang Kepala Seksi misalnya. Ia bisa menerima dan membaca surat yang didisposiskan padanya meskipun sedang ada di lapangan. Sehingga Pekerjaan tidak perlu tertunda. Manual Penggunaan Aplikasi E-Surat dalam format file pdf baik versi desktop maupun versi Android.



Komentar (0)

Nama harus di isi.
Format E-mail tidak tepat.
Pesan harus diisi, minimal 10 karakter, maksimal 1000 karakter.