Vaksinasi Covid-19 Perdana di Kabupaten Bantul

Kamis Wage, 28 Januari 2021 12:03 WIB ∼ 88 Komentar (0)

Foto Berita

Ketua DPRD Bantul saat penyuntikan vaksin Covid-19

Pemberian vaksin perdana Covid-19 di Kabupaten Bantul, Kamis (28/1) , telah dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Panembahan Bantul. Pemberian vaksin diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul dengan penanggung jawab Agus Budi Raharja, S. KM., M.Kes., selaku Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul.

Dr. H. Suharsono dalam sambutannya mengungkapkan rasa syukur atas vaksin Covid-19 yang telah sampai di Kabupaten Bantul. Beliau berharap kedatangan vaksin Covid-19 dapat membentuk imunitas atau kekebalan tubuh sehingga penyebaran Covid-19 dapat dihentikan. Selain itu, rasa terima kasih juga disampaikan kepada tenaga kesehatan dan aparat TNI/Polri dan semua pihak yang terlibat dalam ketersediaan dan pendistribusian vaksin Covid-19.

“Saya mengajak kepada kita semuanya agar bersama-sama menyukseskan program vaksinasi dan ikut mengedukasi masyarakat agar tidak ragu dan khawatir, karena BPOM telah mengeluarkan izin emergencynya dan telah mendapat legalitas halal dari MUI,” kata Suharsono.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul, Agus Budi Raharja mengatakan bahwa pemberian vaksin perdana di Kabupaten Bantul ini diikuti oleh 50 orang, diantaranya Bupati Kabupaten Bantul, direktur RSUD Panembahan Senopati, Sekretaris Daerah Kabupaten Bantul, Polri/TNI, tokoh agama, tokoh masyarakat, Ketua DPRD Kabupaten Bantul, dan pejabat daerah Kabupaten Bantul.

Dalam kesempatan tersebut Ketua DPRD Bantul, Hanung Raharjo, ST ikut menerima pemberian vaksin Covid-19 perdana berbarengan dengan Bupati Kabupaten Bantul, Drs. H. Suharsono.

“Pada pemberian vaksin ini saya urutan nomor lima, setelah melewati mekanisme pelaksanaan vaksin diantaranya, registrasi dan verifikasi, screening, pelaksanaan pemberian vaksin Covid-19, setelah ini masih ada pencatatan dan informasi,” kata Hanung Raharjo.

Hanung Raharjo ST menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak takut terhadap vaksinasi Covid-19.  “Vaksinasi merupakan upaya pemerintah untuk mengatasi pandemi Covid-19 yang telah meyerang berbagai belahan dunia. Saya berharap seluruh masyarakat selalu menerapkan protokol kesehatan walaupun pemerintah telah mengupayakan vaksinasi Covid-19 bagi warga Indonesia. Selain itu, saya menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak takut terhadap vaksinasi Covid-19. Mengingat, vaksin tersebut aman dan saya sendiri telah mempraktikkannya,” tambah Hanung Raharjo.

Pelaksanaan vaksinasi ini ditutup dengan himbauan dari Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul, Agus Budi Raharja mengatakan bahwa meskipun vaksin Covid-19 sudah tersedia, bukan berarti sudah lepas dari situasi pandemi. Tidak boleh menjadikan vaksin Covid-19 sebagai solusi permanen atas kasus pandemi ini. “  Jadi, saya ingatkan kembali agar masyarakat tetap disiplin akan protokol kesehatan,” kata Agus Budi Raharja.



Komentar (0)

Nama harus di isi.
Format E-mail tidak tepat.
Pesan harus diisi, minimal 10 karakter, maksimal 1000 karakter.