Komisi A Tinjau Abrasi Tebing Sungai Bedog di Guwosari

Kamis Kliwon, 25 November 2021 16:01 WIB ∼ 21 Komentar (0)

Foto Berita

Komisi A DPRD Bantul, Kamis (25/11) mengadakan kegiatan peninjauan lapangan terkait tanah longsor di Dukuh Guwosari Pajangan Bantul. Kegiatan ini dipimpin oleh Ketua Komisi A Muhammad Agussalim dengan di dampingi oleh anggota Komisi A lainnya.

Dalam kunjungan tersebut dijelaskan oleh Agussalim bahwa aliran sungai Bedog dimusim hujan rawan menimbulkan bencana banjir. Apalagi saat ini musim hujan sedang mengalami kenaikan curah hujan.  “ Sehingga kita perlu antisipasi terhadap dampak musim hujan yaitu banjir dan tanah longsor, “ ujar Agussalim. Sebagaimana yang terlihat dimana tebing sisi timur sungai Bedog di dusun Butuh yang sudah mulai tergerus oleh aliran sungai.

“ Jika tak diantisipasi sejak dini besar kemungkinan tanahnya akan abrasi kebawah. Untuk itu disarankan masyarakat bekerjasama dengan BPBD Bantul untuk segera melakukan kajian perbaikan talud sungai tersebut , “ ujar Agussalim.

Berdasarkan pantauan pihak BPBD dijelaskan bahwa dulunya aliran buangan  dari atas sudah diarahkan oleh warga namun susah sehingga membuat abrasi di dinding tanggul. Tebingnya juga masih alami dan belum ada rekayasa teknis.  Solusi jangka panjang bisa dilakukan dengan cara vegetasi alami penanaman pohon keras.



Komentar (0)

Nama harus di isi.
Format E-mail tidak tepat.
Pesan harus diisi, minimal 10 karakter, maksimal 1000 karakter.