Sekilas DPRD Kabupaten Bantul

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah rasa syukur senantiasa kita panjatkan kehadlirat Allah SWT atas petunjuk dan karunia yang telah diberikan kepada kita semua, sehingga sampai dengan saat ini khususnya kami sebagai wakil rakyat Bantul periode  2014-2019 telah melewati lebih dari enam bulan pengabdian kami.

Sebagaimana kita ketahui DPRD Kabupaten Bantul masa bakti 2014-2019  diambil sumpah dan janjinya pada tanggal 13 Agustus 2014.  Sejumlah 45 Caleg terpilih resmi disahkan menjadi anggota DPRD melalui Rapat Paripurna istimewa tersebut, adapun  komposisi anggota berdasarkan partai politik adalah sebagai berikut:

  1. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan: 12 Anggota
  2. Partai Gerakan Indonesia Raya : 6 Anggota
  3. Partai Amanat Nasional : 6 Anggota
  4. Partai Golongan Karya  : 5 Anggota
  5. Partai Kebangkitan Bangsa : 4 Anggota
  6. Partai Keadilan Sejahtera  : 4 Anggota
  7. Partai Persatuan Pembangunan : 4 Anggota
  8. Partai Nasional Demokrat : 2 Anggota
  9. Partai Bulan dan Bintang : 1 Anggota
  10. Partai Demokrat  : 1 Anggota

Dari 10 Partai Politik yang memiliki kursi di DPRD Kabupaten Bantul, terbentuk 8 fraksi yaitu:

  1. Fraksi PDI Perjuangan
  2. Fraksi Gerindra
  3. Fraksi Amanat Nasional
  4. Fraksi Golkar
  5. Fraksi Kebangkitan Bangsa
  6. Fraksi Keadilan Sejahtera
  7. Fraksi Persatuan Pembangunan
  8. Fraksi Nasional Bintang Demokrat yang merupakan gabungan Partai Nasional Demokrat, Partai Bulan Bintang dan Partai Demokrat

Berbekal dari mandat yang diberikan rakyat melalui pemilihan umum, tentunya kami telah berusaha untuk dapat membawa aspirasi dan harapan masyarakat sesuai dengan peran dan fungsi yang kami miliki. Kehadiran website sederhana ini, semoga dapat memberikan gambaran seberapa besar kami mampu mewujudkan harapan dan keinginan masyarakat. 

Disamping menampilkan sekilas profile DPRD Bantul dan kinerja  DPRD yang tergambar melalui sekilas kegiatan dan kebijakan/produk hukum DPRD, website ini juga menampilkan potensi masyarakat dan potensi alam (wisata) yang ada di Bantul. Potensi wisata perlu kami suguhkan sebagai upaya mempromosikan Bantul kiranya juga tak lepas dari wujud keberpihakan DPRD kepada masyarakat, sebab melalui promosi daerah diharapkan akan menjadi daya tarik bagi masyarakat luar daerah untuk datang ke Bantul yang secara otomatis akan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif masyarakat. 

Akhir kata, sekalipun website ini dikemas cukup sederhana semoga tetap mampu memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi seluruh lapisan masyarakat. 

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.