LENGKAPI FASILITAS INFORMASI, DPRD BANTUL MENYEDIAKAN MEDIA “POJOK INFORMASI DPRD”

Senin Pahing, 30 Maret 2009 00:00 WIB ∼ 241 Komentar (0)

Dalam melaksanakan fungsinya sebagai “penyambung lidah rakyat” DPRD Kabupaten Bantul berusaha untuk selalu menginformasikan kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan melalui berbagai media. Penyampaian informasi ini  sebagai wujud pertanggungjawaban DPRD Kabupaten sebagai kelembagaan maupun personal kepada rakyat Bantul pada umumnya maupun konstituen yang telah memberikan  dukungan kepadanya.
Media yang telah dipakai sebagai “jembatan” informasi antara DPRD dan masyarakat Bantul selama ini adalah siaran radio interaktif “INFO LEGISLATIF”, majalah DPRD “BIWARA” dan siaran televisi “talkshow” interaktif “GARDU PROJOTAMANSARI”.
Acara interaktif Info Legislatif adalah hasil hasil kerjasama DPRD Kabupaten Bantul dan PT. Radio persatuan dan disiarkan melalui Radio Persatuan Bantul 97,2 FM tiap hari Minggu pukul 16.00-16.30 WIB, Majalah Biwara diterbitkan 6 kali pada tahun 2009 ini dan didistribusikan kepada jajaran pimpinan Dinas, Instansi dan pimpinan wilayah mulai dari kecamatan sampai dengan kepala dusun di seluruh Kabupaten Bantul, sedangkan acara “talkshow” Gardu Projotamansari  disiarkan oleh Jogja TV pada hari Rabu pada pukul 20.30-22.00 WIB diisi dengan media interaktif lewat telepon dan sms.
Seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi akhir-akhir ini menuntut tersedianya fasilitas informasi yang cepat, singkat, instant dan praktis. Masyarakat sekarang ini sudah “melek” teknologi dan semakin meninggalkan produk-produk dan layanan-layanan informasi yang konvensional. DPRD Kabupaten bantul pun tidak mau ketinggalan teknologi, untuk itu diusahakan untuk selalu memperbaharui dan menambah khazanah informasi yang telah dimiliki.
Dilingkungan DPRD Bantul pada saat ini telah tersedia fasilitas Wifi dan internet gratis, masyarakat diberikan kebebasan untuk mengakses dunia maya secara gratis di lingkungan DPRD tanpa syarat apapun. Dengan adanya fasilitas ini diharapkan semakin memberikan kemudahan kepada masyarakat yang membutuhkan informasi secara instan di dunia maya. Kemudahan ini didukung juga dengan pembuatan halaman DPRD di internet.  DPRD bantul memiliki website yang telah terintegrasi dalam www.bantul.go.id (yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Bantul) dan www.dprd.bantul.go.id.
Seakan tidak pernah puas dengan yang telah dicapai DPRD Bantul belum lama ini memperkenalkan  fasilitas baru dalam memberikan informasi tentang DPRD Kabupaten Bantul secara menyeluruh, baik  secara kelembagaan maupun kegiatan yang sedang dilaksanakan. Fasilitas ini berwujud satu unit computer yang dilengkapi dengan  layar sentuh yang bernama “Pojok Informasi DPRD Bantul”.
Latar belakang pembuatan fasilitas ini dilandasi dengan semakin banyaknya masyarakat, kaum intelektual kampus, mahasiswa dan anggota DPRD dari wilayah lain yang berkunjung ke DPRD Bantul. Dalam kunjungannya rata-rata memiliki keingintahuan yang besar tentang DPRD, sistem kerjanya, manajemen penanganan aspirasi dan demonstrasi, mekanisme pengelolaan informasi dan produk-produk DPRD Kabupaten Bantul.
Secara umum mereka mengagumi terobosan yang telah dilaksanakan DPRD Kabupaten Bantul. Segala informasi secara menyeluruh tentang keberhasilan DPRD Kabupaten Bantul mereka kehendaki untuk dibawa pulang di daerahnya untuk dikembangkan di daerahnya ataupun untuk sebuah kajian ilmiah. Informasi yang mereka kehendaki, bila terhimpun dalam dokumen konvensional atau “soft copy” secara terpisah akan menghabiskan banyak biaya.  Selama ini apabila ada kunjungan dari komponen masyarakat maupun DPRD dari wilayah lain dan menghendaki informasi tentang DPRD Kabupaten Bantul diberikan dalam wujud media cetak, buku-buku atau lembaran-lembaran yang cukup memboroskan anggaran penggandaannya. Sebagai sebuah jalan keluar maka dibuatlah sistem informasi  tentang DPRD Bantul yang kemudian bisa diakses dan diunduh oleh masyarakat dalam wujud “Pojok Informasi DPRD Kabupaten Bantul”.
Media layar sentuh “Pojok Informasi DPRD Kabupaten Bantul” berisi tentang DPRD sebagai kelembagaan yang didalamnya berisi tentang Gambaran umum DPRD Bantul, Profil Pimpinan beserta tugas pokok dan fungsinya, Badan Kehormatan beserta tugas pokok dan fungsinya, komisi beserta tugas pokok dan fungsinya, Fraksi-fraksi beserta tugas pokok dan fungsinya,  panitia anggaran dan panitia khusus beserta tugas pokok dan fungsinya dan profil anggota keseluruhan.  Selain itu juga berisi produk-produk hukum yang telah dibuat dan disetujui oleh DPRD Kabupaten Bantul untuk kurun waktu 2004-2007. Didalam media ini juga tersedia informasi tentang mekanisme aspirasi masyarakat dan mekanisme pembahasan Peraturan Daerah dan foto-foto kegiatan yang telah dilaksanakan baik di tingkat fraksi, komisi, pimpinan maupun alat kelembagaan DPRD lainnya. Terakhir selain informasi tentang DPRD juga tersedia informasi tentang sekretariat DPRD sebagai lembaga yang bertugas mendukung segala kegiatan dari DPRD. adapun isinya adalah tentang visi, misi dan program kerja dari Sekretariat DPRD Kabupaten Bantul.
Dengan telah bertambahnya khazanah media ini diharapkan masyarakat bisa mengetahui secara lengkap dan menyeluruh tentang ketugasan, kegiatan, dan produk-produk  dari DPRD Bantul dalam posisinya sebagai lembaga yang lahir dari “rahim” rakyat. Apabila ada kesalah pahaman informasi pun akan segera diketahui dan dikoreksi oleh masyarakat hingga akhirnya keduanya bisa bersinergi dalam memajukan pembangunan Kabupaten Bantul. Memang belum semua informasi masuk ke dalam media ini, masih banyak informasi maupun fasilitas-fasilitas yang belum masuk ke “Pojok Informasi DPRD Kabupaten Bantul”, untuk itu peran serta masyarakat memberikan kritik dan saran yang membangun sangat diharapkan. (Biwara)



Komentar (0)

Nama harus di isi.
Format E-mail tidak tepat.
Pesan harus diisi, minimal 10 karakter, maksimal 1000 karakter.