MENJEMBATANI KOMUNIKASI DPRD DENGAN RAKYAT MELALUI PERAN MEDIA

Rabu Pon, 15 April 2009 00:00 WIB ∼ 152 Komentar (0)

Berakhirnya masa Bhakti DPRD Kabupaten Bantul pada tahun 2009, ternyata tidak mengurangi keinginan untuk selalu dekat dengan rakyat yang diwakilinya. Hal ini ditunjukkan dengan masih padatnya kegiatan DPRD baik untuk turun langsung ke masyarakat maupun dalam menerima aspirasi masyarakat. Keinginan tersebut tentunya perlu di dukung sepenuhnya, sebab keberadaan Anggota  DPRD di Lembaga Legislatif ini adalah untuk mewakili rakyat. Namun perlu disadari juga bahwa mengingat banyaknya tugas dan kesibukan yang harus diselesaikan oleh anggota DPRD, kadang-kadang menjadikan keinginan tersebut jadi terhambat.

Dengan memahami pentingnya DPRD untuk selalu dekat dengan rakyat yang diwakilinya, maka perlu ada peran pendukung yang bisa dijadikan  wadah bertemunya DPRD dengan masyarakat. Dengan kondisi ini, maka Sekretariat DPRD Kabupaten Bantul yang salah satu tugasnya adalah memberikan fasilitasi kegiatan DPRD,  mencoba untuk merespon secara positif atas kebutuhan tersebut. Melalui Bagian Hukum dan Humas, maka berbagai kegiatan telah direncanakan pada tahun 2009 ini. Kegiatan tersebut antara lain dituangkan dalam bentuk :

1. GARDU PROJOTAMNSARI
Gardu Projotamansari merupakan kegiatan Dialog Interaktif  yang disiarkan secara langsung melalui media televisi. Acara yang ditayangkan setiap hari Rabu jam 20.30 – 22.00 WIB selama ini selalu tidak pernah sepi dari penelpon maupun yang kirim SMS memberikan masukan berupa saran, pendapat maupun kritikan dari berbagai pihak baik masyarakat Bantul maupun luar Bantul. Untuk tahun 2009 ini GP akan hadir dalam 20 episode termasuk 2 diantaranya disiarkan dari luar studio ( outdoor).

2. MAJALAH BIWARA
BIWARA merupakan majalah DPRD Bantul yang berisi seputra informasi kegiatan DPRD Bantul. Melengkapi sebagai ruang Publik, maka BIWARA juga terbuka bagi masyarakat yang ingin menyampaikan tulisannya dalam rangka memberikan gagasan-gagasan yang dapat memberikan pengetahuan yang bermanfaat  bagi masyarakat.

3. INFO LEGISLATIF
Melengkapi informasi seputar kegiatan DPRD, maka setiap pekan melalui Radio Persatuan berbagai kegiatan DPRD diwartakan dalam acara “ Info Legislatif”.  Dengan penyiaran yang dilakukan setiap hari Minggu sore jam 16.45 – 17.00 WIB ini, diharapkan semua kegiatan DPRD dari hari Senin sampai dengan Sabtu akan dapat terpublikasikan.

4. GERBANG PROJOTAMANSARI
Dalam rangka memberikan informasi yang tepat dan bermanfaat bagi masyarakat seputar kebijakan Pemerintah Daerah Kabupaten Bantul, maka Bantul Radio media milik Pemerintah Daerah juga menyuguhkan acara dialog interaktif yang melibatkan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah di Kabupaten Bantul. Untuk tahun 2009 maka Sekretariat DPRD Bantul juga akan ambil peran untuk mengikuti kegitaan sebanyak 10 kali.

5. POJOK INFORMASI
POJOK INFORMASI atau yang pernah di luncurkan dengan MESIN PINTAR DPRD merupakan sebuah perangkat yang berisi profil, kegiatan, maupun berbagai informasi seputar DPRD dan Sekretariatnya. Mesin yang letaknya sangat strategis di Ruang Lobi DPRD tersebut dilengkapi dengan fasilitas layar sentuh, sehingga dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat. Dengan mesin pintar ini masyarakat akan mudah mendapatkan informasi yang bermanfaat.

6. WEBSITE
Dalam rangka mendukung Program Pemerintah Daerah untuk menciptakan Good Government dan Clean Governance maka Website merupakan media strategis  yang mudah diakses mayarakat luas kapanpun dan dimanapun untuk menampilkan semua kegiatan DPRD dan keputusan-keputusan yang telah disahkan sebagai wujud pertanggungjawaban amanah sekaligus transparansi  DPRD terhadap Rakyatnya.

7. EMAIL
DPRD Kabupaten Bantul berupaya untuk menggunakan semua layanan komunikasi termasuk yang menggunakan teknologi canggih masa kini  untuk menyerap semua aspirasi masyarakat termasuk diantaranya layanan email yang diharapkan efektif menjangkau aspirasi dari masyarakat Bantul, masyarakat Bantul yang ada diluar wilayah  Bantul maupun masyarakat  luas yang memiliki perhatian lebih terhadap Kabupaten Bantul. Dengan alamat  email di dprd@bantulkab.go.id,  tentu tiada batas dan waktu  DPRD Bantul untuk selalu “bersentuhan” dengan Masyarakatnya

Menurut Kwintarto, Kabag Hukum dan Humas Sekretariat DPRD Kabupaten Bantul bahwa penyebaran informasi melalui media merupakan cara yang efektif untuk memberikan berbagai informasi yang bermanfaat kepada masyarakat. Memang selama ini Anggota DPRD juga telah melakukan banyak kegiatan turun ke langsung ke masyarakat baik dalam rangka pengawasan terhadap pelaksanaan kebijakan yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah, melakukan jaring aspirasi kemasyarakat maupun menyampaikan berbagai informasi kepada masyarakat. Namun mengingat kesibukan anggota DPRD rata-rata sangat tinggi, dengan memanfaatkan media secara baik dan tepat kiranya apa yang menjadi keterbatasan akan dapat diatasi bahkan menjadi sebuah keunggulan.



Komentar (0)

Nama harus di isi.
Format E-mail tidak tepat.
Pesan harus diisi, minimal 10 karakter, maksimal 1000 karakter.