DPRD KABUPATEN BANTUL MENYETUJUI 4 RAPERDA

Selasa Wage, 26 Mei 2009 00:00 WIB ∼ 253 Komentar (0)

Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Bantul yang diselenggarakan pada Senin, 25 Mei 2009 akhirnya menandatangani dan menyetujui  4 Raperda Kabupaten Bantul dijadikan Peraturan Daerah. Adapun 4 Raperda tersebut adalah :

  1. Raperda Perubahan atas Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2000 tentang Retribusi Parkir di Tepi Jalan Umum.
  2. Raperda Perubahan atas Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2000 tentang Retribusi Tempat Khusus Parkir.
  3. Raperda Retribusi Pelayanan Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil di Kabupaten Bantul.
  4. Raperda Perubahan Peraturan Daerah Nomor 20 Tahun 2007 tentang Pedoman Organisasi Pemerintahan Desa.

Sebelumnya dalam Pendapat Akhir masing-masing Fraksi  dapat diambil kesimpulan bahwa untuk 3 Raperda Sepakat dan tidak ada masalah, hanya untuk Raperda Perubahan kedua atas Perda Nomor 2 tahun 2000 tentang tentang Retribusi Parkir di Tepi Jalan Umum: Fraksi PDI P, Fraksi Golkar, FPKS, dan FPAN memberikan catatan tentang Pasal 9 ayat a dan b yaitu pengenaan tarif  bagi Becak, Andong dan Gerobag. Demi keperpihakan kepada rakyat kecil, Keempat Fraksi minta agar pasal tersebut untuk DIHAPUSKAN.

Dalam konsultasi lebih lanjut dengan Eksekutif, Bupati Bantul mengemukakan bahwa penghapusan tersebut sebetulnya juga menjadi inisiatif Pemerintah Daerah. Pemerintah Daerah sepakat dan mendukung sepenuhnya keperpihakan kepada Rakyat.

Aspek lain yang dikemukakan Bupati dalam sambutannya juga mengemukakan bahwa Pemerintah Kabupaten Bantul baru saja menerima tamu dari perwakilan Universitas-universitas luar negeri yang belajar dan mengagumi penanganan pasca gempa baik itu rekonstruksi maupun rekonsiliasi. Kunjungan tersebut adalah sebagai pengakuan bahwa Bantul menorehkan prestasi mendunia terhadap penanganan Gempa.

 



Komentar (0)

Nama harus di isi.
Format E-mail tidak tepat.
Pesan harus diisi, minimal 10 karakter, maksimal 1000 karakter.