KOMISI A TINJAU HUNIAN RELOKASI DAERAH RAWAN LONGSOR

Rabu Pahing, 13 Januari 2016 00:00 WIB ∼ 147 Komentar (0)

ebanyak 25 Kepala Keluarga di wilayah giriloyo, Wukirsari, Imogiri tinggal di kawasan rawan longsor. Warga yang terdiri dari 2 RT tersebut direncanakan akan menghuni kawasan yang lebih aman berdasarkan kesepakatan antara Pemerintah Desa Wukirsari dan warga setempat. Kawasan relokasi yang menempati kawasan tanah kas desa seluas 5.000 m2 tersebut terletak dai sebelah selatan Balai Desa Wukirsari.
Pembangunan hunian relokasi tersebut baru-baru ini mendapat kunjungan dari Komisi A DPRD Kabupaten Bantul dengan didampingi jajaran BPBD Kabupaten Bantul. Dalam peninjauan tersebut didapatkan beberapa fakta antara lain sebagai berikut:
1. Hunian relokasi tersebut menggunakan tanah desa dengan sistem sewa dalam tiap tahunnya.
2. Kawasan yang dipergunakan sebelumnya adalah kawasan persawahan yang rawan banjir, namun kedepan setelah dipersiapkan infrastrukturnya termasuk bangket dan talud hunian yang dipergunakan tidak akan terkena banjir
3. Masing-masing KK mendapatkan bantuan sejumlah 20 juta untuk membangun satu unit rumah, namun karena apresiasi warga yang sedemikian antusias maka bangunan yang terbangun dengan penambahan-penambahan dari calon penghuni ada yang senilai 70 sampai ratusan juta.



Komentar (0)

Nama harus di isi.
Format E-mail tidak tepat.
Pesan harus diisi, minimal 10 karakter, maksimal 1000 karakter.