Audiensi FORCIBB Imogiri

Kamis Legi, 21 April 2016 00:00 WIB ∼ 280 Komentar (0)

Kabupaten Bantul ternyata menyimpan banyak peninggalan budaya, terutama di wilayah Kecamatan Imogiri. Imogiri selama ini ternyata menyimpoan segudang peninggalan budaya masa lalu yang belum sempat digali dan dilupakan oleh masyarakat padahal banyak sekali cerita menyangkut budaya. Demikian dikemukakan oleh Sekretaris FORCIBB, Widodo saat audiensi dengan Ketua DPRD Bantul, Hanung Raharjo ST di ruang kerjanya.  

" Kalau tak dipelihara maka akan hilang dan dilupakan oleh masyarakat, kita FORCIBB punya angan angan agar seluruh peninggalan di masa lalu yang menyangkut kebesaran kerajaan Metaram bisa disaksikan dan direnungi keberadaanya oleh masyarakat sekarang, " ujar Widodo.

Padahal, Widodo, melanjutkan wilayah Imogiri telah diresmikan oleh Sri Sultan HB X sebagai Gapuraning Budaya Bantul dan salah satu heritage di DIY yang perlu dilestarikan keberadaannya. " Kami belum melihat Pemkab Bantul menangkap hal ini untuk itu kami ingin agar hal ini diperhatikan, diutamakan, serta didukung dengan baik  mengingat banyaknya sejarah yang terjadi di wilayah Imogiri, " kata Widodo.

Widodo menjelaskan dia bersama tim Bidik Misi FORCIBB telah memetakan berbagai potensi sejarah dan budaya yang ada di Imogiri dan masih akan terus berupaya melestarikan keberadaan peninggalan budaya tersebut.

Sementara itu Ketua DPRD Bantul, Hanung Raharjo ST sangat apresiasi dan berterimakasih terhadap upaya yang dilakuikan FORCIBB dalam upayanya pemetaan dan penyelamatan peninggalan budaya ini. " Walau kewenangan ini ada di dua yakni Pemkab Bantul dan Pemerintah Propinsi DIY namun akan tetap kita dukung upaya semacam ini," ujarnya. Salah satu upayanya, Pemkab BAntul akan memecah Dinas Budaya dan Pariwisata menjadi dua yakni ada Dinas Pariwisata sendiri dan dinas baru Dinas Kebudayaan, dengan adanya Dinas Kebudayaan diharapkan akan lebih fokus dalam menangani peninggalan aset budaya semacam yang ada di Imogiri.

" Kami menghimbau agar FORCIBB segera saja mengajukan DED ( Design Engineering Detail)  dan kajian  agar tujuannya jelas dalam mengembangkan kawasan Imogiri ini. sehingga jika ada dana maka jadi lebih cepat dan sesuai dengan tujuannya, " kata Hanung. 

 

 

 



Komentar (0)

Nama harus di isi.
Format E-mail tidak tepat.
Pesan harus diisi, minimal 10 karakter, maksimal 1000 karakter.