DPRD Bantul, Sidang Paripurna Terkait Laporan Pansus LKPJ dan Catatan Strategis DPRD

Senin Kliwon, 25 April 2016 00:00 WIB ∼ 131 Komentar (0)

Bertempat di Ruang paripurna, Senin (25/4) DPRD Kab. Bantul menggelar Sidang Paripurna Penyampaian Laporan Khusus Penyusun Catatan Strategis atas LKPJ Akhir Tahun anggaran 2015 Bupati bantul dan Pengambilan Keputusan. Selanjutnya juga diadakan Rapat Paripurna Istimewa penyampaian Catatan Strategis DPRD. Rapat dipimpin oleh Ketua DPRD Bantul, Hanung Raharjo, ST dengan dihadiri Wakil Bupati, Halim Muslich  Sekda Bantul, dan sejumlah pejabat SKPD.

Dalam  Laporan Hasil Pembahasan Pansus DPRD, yang dibacakan Sudarto, dikemukakan beberapa catatan. Diantarannya dalam catatan Umum DPRD Bantul menyampaikan apresiasi kepada Bupati Bantul dan seluruh SKPD Bantul terhadap berbagai prestasi dan penghargaan yang telah diraih selama tahun 2015. “ Kita berharap pada tahun mendatang dapat lebih baik dan berprestasi, “ ujar Sudarto. Selain itu DPRD Bantul mendorong adanya reward dan punishment bagi Aparatur Sipil Negara yang ada di Bantul.

Sementara itu dalam catatan Khusus DPRD menyampaikan bahwa Pemkab Bantul perlu mengoptimalkan peningkatan PAD dengan mempertahankan sumber-sumber pendapatan seperti pariwisata, pasar dan sejumlah BUMD. Mengenai soal pertanian, DPRD memberi catatan agar Pemkab Bantul perlu membuat kebijakan untuk mewujudkan kedaulatan pangan di kabupaten Bantul. “ Salah satunya dengan perlindungan lahan pertanian mengingat semakin maraknya alih fungsi lahan. Selanjutnya pemerintah juga perlu melakukan terobosan dan inovasi di bidang pertanian sehingga minat generasi muda agar tertarik bekerja di sektor pertanian, “ kata Sudarto.

Sementara itu Wakil Bupati Bantul Halim Muslich mewakili Bupati Bantul dalam kesempatan tersebut mengucapkan terima kasih atas pencermatan yang dilakukan oleh anggota Pansus dengan kerja keras dan bersungguh sungguh dalam LKPJ Akhir Tahun Anggaran 2015. “ Walau pemerintahan, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat telah berjalan baik dan mengukir prestasi. Namun masih ada beberapa pekerjaan rumah serius yang perlu ditangani dan dituntaskan bersama sama yakni soal keluarga miskin, pengangguran, dan desa tertinggal, “ kata Wakil Bupati.  Wabup berharap catatan strategis yang diberikan DPRD dapat digunakan unruk perbaikan penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan program untuk diperbaiki. 




Komentar (0)

Nama harus di isi.
Format E-mail tidak tepat.
Pesan harus diisi, minimal 10 karakter, maksimal 1000 karakter.