Setwan Bantul Sharing Pengalaman ke Setwan Magelang

Rabu Legi, 6 April 2016 00:00 WIB ∼ 132 Komentar (0)

Dalam rangka bertukar pengalaman soal pelayanan di DPRD, Setwan Bantul dipimpin Sekwan Drs. Helmi Jamharis,MM beserta rombongan mengunjungi Setwan DPRD Magelang, Rabu (6/4) di Kota Mungkid Magelang. Rombongan diterima Setwanmgelang Mulyono, didampingi kabag Umum, Ari Kuswardani.

Dalam kunjungannya kali ini, Helmi Jamharis mengemukakan beberapa hal yang ingin  diketahui yakni soal penganggaran perjalanan dinas, menyangkut Permendagri 77 Tahun 2015 atas perubahan Permendagri 52 tentang pedoman penyusunan APBD 2016. "Selain itu kami juga ingin mengetahui soal peran DPRD dalm pembahasan anggaran DPRD yang dilaksanakan pada waktu  Badan Musyawarah (Bamus), " kata Helmi.

Dalam jawabanya soal diatas Sekwan DPRD Magelang, Mulyono menjelaskan bahwa Magelang sudah menerapkannya aturan tersebut dengan menggunaan kembali anggaran tahun 2014, sebelum PMK 53 diterapkan. Sehingga ada sedikit perubahan dalam hal komponen biaya harian yakni anggota Rp.500 ribu dan ditambah uang representasi Rp.100 ribu untuk Jateng DIY, dan Rp. 1 Juta untuk kunjungan ke luar Jawa. Bimtek Rp.800 ribu untuk Jakarta dan uang frepresentasi Rp.100 ribu. " namun untuk Bimtek kami tetap menganggarkan di Jawa tengah saja, belum berani keluar daerah, katanya.

Untuk pembahasan anggaran biasanya, rumpun SKPD akan membahasnya bersama Pimpinan Dewan, Bappeda, DPPKAD. Setelah itu barua dibahas di internal DPRD, dengan menampung masukan dari mereka soal apa yang perlu ditambahkan. Kabupaten Magelang juga punya forum Angkringan dimana terjadi dialog interaktif antar Bupati, Pimpinan DPRD dan masyarakat. dan sambil menikmati makanan dan minuman angkringan gratis. Khusus untuk anggaran reses di magelang ada pemberian jatah uang saku pada yang hadir, nmun waktu reses harus pada jam kerja hingga pukul 17.00 WIB yang bisa dibantu staf setwan.

 



Komentar (0)

Nama harus di isi.
Format E-mail tidak tepat.
Pesan harus diisi, minimal 10 karakter, maksimal 1000 karakter.