Selamat Datang di Website DPRD Kabupaten Bantul
:: Obyek Wisata Makam ::
Makam Raja-Raja Mataram Imogiri terletak di Dusun Pajimatan, Desa Girirejo, Imogiri. Di Kompleks ini dimakamkan Raja-Raja dari Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat dan Kasunanan Surakarta. Makam Sultan Agung terletak di tengah, makam Raja-Raja Ngayogyakarta di sebelah Timurnya, sedangkan makam Raja-Raja Kasunanan Surakarta berada di sebelah Baratnya. Untuk mencapainya, wisatawan harus menaiki sebanyak 345 anak tangga dan berpakaian adat Jawa. Makam Sultan Agung dibuka pada hari Minggu dan Senin dari Pagi-Sore, serta hari Jum'at sehabis Jum'atan.
Syeh Maulana Maghribi adalah seorang saudagar Arab yang giat menyebarkan agama Islam di tempat-tempat yang disinggahi, menetap di daerah ini hingga wafatnya. Makamnya terletak di atas bukit. Untuk sampai ke atas harus melalui tangga bata selebar 1,90 m.
Dari tempat ini bila memandang ke arah selatan akan terlihat pemandangan indah kawasan Pantai Parangtritis. Selain makam juga terdapat tempat sesaji, tempat istirahat dan tempat penjaga. Disini juga ditemukan batu-batu candi, Sendang Beji, sumur tua, dan serumpun bambu yang disebut Pring Sentono. Acara yang biasa dilakukan di tempat ini adalah bersih makam, Ziarah, dan tirakatan malam Satu Suro. Pengelolaanya ditangani pihak Kraton Yogyakarta.
Disini terdapat dua makam yaitu: Syeh Bela Belu dan Damiakik. Menurut sejarah, Syeh Bela Belu merupakan anggota kerajaan Majapahit yang giat menyebarkan agama Islam . Sebagai ulama Bela Belu sering berpindah pindah sebelum menetap di tempat ini, sampal meninggal dunia.
Usia makam ini sama dengan usia makam Syeh Maghribi. Di tempat ini juga ditemukan arca Banteng dan arca Putri, yang tidak utuh lagi, dan diperkirakan berhubungan dengan makam. Makam ini terletak di atas Bukit Banteng, dicapai dengan tangga selebar 1,60 m dikelilingi pagar tembok setinggi 1,50m. Bangunan yang ada disini adalah tempat sesaji, tempat Juru kunci, gudang, dan tempat tirakat atau nenepi. Acara yang sering dilakukan di sini adalah Ziarah dan Tirakatan Malam Satu Suro. Pengelolaannya ditangani pihak Kraton.
Makam Ki Ageng Selohening yang merupakan kerabat kerajaan Majapahit terletak di atas Dusun Mancingan, Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek. Makam ini mulai dikeramatkan orang sekitar tahun 1927 sedangkan cungkupnya dibangun tahun 1961.
Ziarah ke makam ini biasanya dilaksanakan pada malam Selasa Kliwon, Jumat Kliwon dan malam 1 Suro.
Kompleks makam Giriloyo, Berada di Cengkehan, Wukirsari Imogiri. Makam Giriloyo merupakan peninggalan masa Islam sekitar abad 17 M dan sampai saat ini masih dikeramatkan oleh masyarakat. Tokoh yang dimakamkan disini yaitu Pangeran Juminah. Beliau adalah Paman Sultan Agung. Pada mulanya makam ini dipersiapkan bagi makam Sultan Agung beserta keluarganya, tetapi yang di makamkan pertama kali adalah Pangeran Juminah, maka Sultan Agung membatalkan dan kemudian makam dirinya dipindah ke Pajimatan Imogiri. Komplek makam Giriloyo terbagi menjadi 3 (tiga) bagian yaitu : sisi barat, timur dan makam di luar pagar keliling. Makam sisi barat dan timur dikelilingi pagar tembok setinggi 1,5 m dengan tebal 0,80 m . Pagar keliling berdiri diatas talud yang terbuat dari batu putih.
Masjid Makam (masyhad), Masjid ini berada di komplek makam Giriloyo. Halaman berukuran 18 x 9,5 m. Denah ruang utama berbentuk bujursangkar dan dindingnya terbuat dari batu-bata yang diplester. Saka gurunya di ruang utama berjumlah 4 (empat) buah. Lantai masjid terbuat dan tegel warna hijau tua. Atap masjid berbentuk tajug. Mihrab berbentuk seperti penampil dengan langit-langit berbentuk setengah lingkaran. Di sebelah selatan ruang utama terdapat pawestren. Di depan ruang utama terdapat serambi, di depan serambi terdapat kolam dengan ukuran 10 x 1,5 m. Adapun kelengkapan di masjid makam Giriloyo yaitu : bedug dan kentongan, mimbar, tempat wudhu dan tempat meyimpan keranda/bandoso.
Terletak di Dusun Pajimatan, Desa Wukirsari, Imogiri berada di sebelah Barat Makam Raja-Raja Mataram di Imogiri. Penggagas tempat ini adalah seniman Alm. Sapto Hoedoyo yang juga dimakamkan di tempat ini.
:: Berita Terkini ::
diposting : 09/11/2017
Siswa MAN 3 Wonokromo Kunjungi DPRD Bantul

Para siswa siswi MAN 3 Wonokromo Bantul, Kamis (9/10) mengadakan kunjungan sekaligus study lapangan ke DPRD Bantul. Rombongan diterima oleh Ketua Komisi D, Paidi SIP dan ... Selengkapnya..



diposting : 09/11/2017
DPRD Bantul Adakan Rapat Paripurna

DPRD Bantul, Rabu siang (8/10) menyeleggarakan agenda Rapat Paripurna membahas beberapa agenda diantaranya Laporan Pansus II tentang hasil tindak lanjut fasilitasi Gubernur DIY rencangan Perda Kabupaten ... Selengkapnya..



diposting : 07/11/2017
DINAS SOSIAL DAN PSM MITRA BANTUL BERAUDIENSI KE DPRD BANTUL

Sehubungan dengan pemberitaan penyampaian aspirasi sebagian orang yang mengatasnamakan Persatuan Sosial Masyarakat Kabupaten Bantul. Hari ini Selasa (7 November 2017) Dinas Sosial Kabupaten Bantul mendampingi PSM ... Selengkapnya..



diposting : 06/11/2017
PERSATUAN PEKERJA SOSIAL MASYARAKAT BANTUL MENGADU KE DPRD

DPRD Bantul utamanya komisi A, Senin (6 November 2017) ini menerima audiensi Persatuan Pekerja Sosial Masyarakat Bantul. Hadir dalam kesempatan tersebut  jajaran pimpinan dan anggota Komisi ... Selengkapnya..



diposting : 02/11/2017
Perubahan Alkap DPRD Bantul

Pada dasarnya semangat perubahan alat kelengkapan tidak lain adalah untuk menjaga stabilitas, menjaga semangat kerja dalam rangka optimalisasi tri fungsi (fungsi legislasi, anggaran dan pengawasan) ... Selengkapnya..



Informasi
Sabtu Pahing
18 November 2017
28 Safar 1439 H
Pengunjung : 34784
Polling
Apa Harapan Masyarakat terhadap kinerja Dewan terpilih?
Aspirasi masyarakat semakin terakomodir
Meningkatkan Pendidikan Demokrasi masyarakat
Mengemban amanah rakyat
paling sama saja



Agenda
RAPAT PARIPURNA DPRD 5 MARET 2015
Selengkapnya..
KUNJUNGAN KERJA BADAN LEGISLATIF MAHASISWA POLTEKKES
Selengkapnya..
1 Oktober 2012
Selengkapnya..
1 Oktober 2012
Selengkapnya..
1 Oktober 2012
Selengkapnya..
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bantul
Jl. Jendral Sudirman No. 85
Email : dprd[at]bantulkab.go.id
Website : www.dprd.bantulkab.go.id

Copyright © 2009 - 2017, DPRD Kabupaten Bantul, All rights reserved