Selamat Datang di Website DPRD Kabupaten Bantul
:: Event Budaya Merti Dusun ::
Upacara Merti Dusun Krebet ternyata banyak dinanti-naatikan para turis manca yang menginginkan melihat secara langsung prosesi pelaksanaan acara yang berlangsung meriah dan tradisional. Upacara yang dilaksanakan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan YME berlangsung dengan pengarakan gunungan yang berisi bahan makanan pokok yang dibuat seperti gunungan yang dibuat di Kraton Jogjakarta pada peringatan Muludan di Alun-alun Utara Jogjakarta.
Prosesi acara dimulai dengan serah terima Gunungan yang dilaksanakan di halaman Masjid Dusun yang berada 1 Km dengan Pendapa Dusun Krebet yang digunakan sebagai Bali Pertemuan warga. Setelah selesai dilanjudkan dengan pengarakan Gunungan menyusuri jalan dusun Krebet dengan diiringi prajurit ala prajurit Kraton Jogjakarta dan diikuti warga dusun krebet dengan membawa ubo rampe kenduri yang berisi pisang, apem, ketan, kolak, dan sesajian kembang yang dibawa sekitar 100 warga lebih sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan YME atas segala nikmat hasil bumi yang sangat melimpah.
Gunungan yang diarak ini berisi bahan makan pokok dan buah-buahan hasil bumi Krebet yang terdiri padi, labu, lombok, bawang merah, bawang putih, tomat, kacang panjang, wortel, dan buah-buahan seperti pisang, jeruk, apel, semangka, anggur, dll. Semua tertata rapi di gunungan yang di buat dengan tinggi sekitar 1,5 meter sehingga tampak sangat indah seperti gunung yang kaya akan hasil bumi yang melimpah. Dengan cara seperti itu warga ungkapkan rasa syukurnya dengan diiringi doa yang ditujukan kepada Tuhan YME.
Arak-arakan sangat menjadi perhatian warga setempat juga wisatawan manca Negara. Saat arak-arak wisatawan yang berasal dari berbagai Negara sangat menghargai prosesi acara dengan hikmat dan kagum dengan apa yang diupayakan oleh warga dusun krebet yang kaya akan potensi dan sumber budaya.
Setelah sampai di pendapa kemudian gunungan di serahkan kepada sesepuh warga untuk diadakan doa bersama dengan panjatkan doa sebagai rasa syukur dan dilakukan seperti adat kenduri di Jawa. Setelah doa selesai ubo rampe kenduri yang dibawa para kepala keluarga warga Krebet kemudian dibagikan dan menjadi rebutan para warga yang di percaya membawa berkah utnuk ikut menikmati hasil bumi Krebet.
Gunungan diserahkan kembali untuk dilanjutkan diarak menuju lapangan dekat pendapa untuk diserahkan pada warga dan menjadi rebutan warga dusun Krebet dan sekitarnya yang sangat ramai pada saat rebutan Gunungan dari anak kecil sampai orang tua tertuju menjadi satu di Gunungan yang dipercaya juga jika mendapatkan apa yang ada di Gunungan mendapat berkah.
Dusun Jopaten, desa Poncosari Kecamatan Srandakan, Bantul hampir setiap tahun menyelenggarakan Upacara Tradisional Rasulan/Bersih Dusun. Menurut cerita yang beredar di kalangan masyarakat konon di desa Jopaten pernah terjadi rajapati, agar tidak ada rajapati lagi maka masyarakat mengadakan selamatan dengan tirakatan, berdoa dan tahlilan . Siang harinya menyajikan sedekah berupa nasi gurih, ingkung, lalaban, pisang raja dan tumpeng ,sesudah itu dilanjutkan kegiatan wayang kulit dengan cerita Bharatayuda. Versi lain mengatakan bahwa Rasulan ini untuk menghormati cikal bakal (leluhur) masyarakat Jopatan yang disebut dengan Kyai Jopati. Bersih dusun ini bertujuan agar hasil panen masyarakat dapat bermanfaat untuk keperluan. Sebagai ungkapan syukur atas keberhasilan panennya serta memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa agar seluruh warga masyarakat terhindar dari malapetaka.
Upacara bersih dusun ini dilaksanakan beberapa waktu setelah masa panen padi, waktu penyelenggaraannya antara bulan Maret sampai April, pada bulan tersebut petani sudah selesai panen, hari pelaksanannya tidak ditentukan. Kegiatannya dilaksanakan kira - kira pukul 10.00 Wib selanjutnya pada malam harinya dilaksanakan pertunjukan tari Tayuban dan tumpengan dengan pertunjukkan wayang kulit sebagai puncak acara. Pelaksanaan Upacara Bersih Dusun ini dilakukan dengan melaksanakan kenduri secara bersama - sama oleh penduduk. Selain itu juga dipentaskan wayang kulit, biasanya dilaksanakan pada hari Rabu kliwon dengan mengambil lakon Bharatayudha.
:: Berita Terkini ::
diposting : 08/01/2018
Komisi A DPRD Bantul pantau Peresmian BPD di wilayah Bantul

Kamis, 4 Januari 2018, Komisi A DPRD melakukan sidak peresmian Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di beberapa wilayah desa Kabupaten Bantul. Tim pemantau peresmian ini terbagi menjadi ... Selengkapnya..



diposting : 20/12/2017
Setwan DPRD Juara I Lomba Evaluasi tertib Arsip bagi OPD Bantul 2017

Setwan DPRD Bantul menjadi juara I Lomba Evaluasi Tertib Arsip Organisasi Perangkat Daerah tahun 2017 kategori Dinas Badan Kantor dan Bagian Sekretariat. Sementara itu posisi II ... Selengkapnya..



diposting : 23/11/2017
KOmisi Bahas KUA dan PPAS APBD 2018

Setelah ada persetujuan KUA dan PPAS 2018 sebelumnya, seharian ini beberapa Komisi mengadakan pembahasan penjajagan KUA ... Selengkapnya..



diposting : 23/11/2017
DPRD Bantul Sepakati KUA dan PPAS APBD tahun 2018

Setelah melalui pembahasan yang cukup alot dan dramatis, akhirnya DPRD Bantul menyetujui KUA dan PPAS APBD  tahun 2018. Persetujuan tersebut diambil dalam rapat paripurna DPRD tadi ... Selengkapnya..



diposting : 09/11/2017
Siswa MAN 3 Wonokromo Kunjungi DPRD Bantul

Para siswa siswi MAN 3 Wonokromo Bantul, Kamis (9/10) mengadakan kunjungan sekaligus study lapangan ke DPRD Bantul. Rombongan diterima oleh Ketua Komisi D, Paidi SIP dan ... Selengkapnya..



Informasi
Senin Pahing
22 Januari 2018
5 Jumadil Awwal 1439 H
Pengunjung : 34784
Polling
Apa Harapan Masyarakat terhadap kinerja Dewan terpilih?
Aspirasi masyarakat semakin terakomodir
Meningkatkan Pendidikan Demokrasi masyarakat
Mengemban amanah rakyat
paling sama saja



Agenda
RAPAT PARIPURNA DPRD 5 MARET 2015
Selengkapnya..
KUNJUNGAN KERJA BADAN LEGISLATIF MAHASISWA POLTEKKES
Selengkapnya..
1 Oktober 2012
Selengkapnya..
1 Oktober 2012
Selengkapnya..
1 Oktober 2012
Selengkapnya..
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bantul
Jl. Jendral Sudirman No. 85
Email : dprd[at]bantulkab.go.id
Website : www.dprd.bantulkab.go.id

Copyright © 2009 - 2018, DPRD Kabupaten Bantul, All rights reserved