BANTUL CREATIVE EXPO “KOPI JARIMAS” DPRD Menjaring Aspirasi Masyarakat

Bantul, 4 Agustus 2023 - Bantul Creative Expo merupakan kegiatan yang dilakukan selama 1 tahun sekali. Bantul Creative Expo 2023 atau biasa disebut BCE merupakan suatu wadah yang menampung kegiatan yang berada di Bantul. saat ini DPRD Kab. Bantul mengajak masyarakat melalui program Kopi Jari Mas yaitu kopi Jaring Aspirasi Masyarakat. DPRD Kab. Bantul berharap dengan adanya program ini dapat menjadi wadah untuk tempat aspirasi masyarakat mengenai keluhan dan pendapat untuk pemerintahan ke depannya.   

 

 

Bantul Creative Expo tahun 2023 mengusung tema yaitu pemberdayaan UMKM kecil untuk membangun perekenomian masyarakat di Kab.Bantul. Bantul Creative Expo diikuti oleh 17 kapanewon yang ada di Bantul. Untuk menjaring aspirasi masyarakat DPRD pada event Bantul Creative Expo tim dari DPRD melakukan wawancara langsung kepada pemilik UMKM di Bantul Creative Exp. Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran yang penting dalam perekonomian lokal maupun global. UMKM menjadi salah satu tulang punggung ekonomi di Bantul. UMKM diharapkan dapat menciptakan lapangan kerja, mendorong inovasi, dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi..  UMKM diharapkan dapat mengajak seluruh anak muda untuk membantu mendukung UMKM dengan menjadi marketing dalam pemasaran. UMKM dilakukan oleh para ibu-ibu yang berada pada kapanewon tertentu. dengan perbedaan latar belakang pekerjaan, namun dengan adanya UMKM memberikan peluang pekerjaan untuk meningkatkan pendapatan rumah tangga.selain itu UMKM menjadi salah satu cara menjalin hubungan yang erat antar masyarakat Bantul.

 

 

  “Aspirasi saya untuk kedepannya mengharapkan bahwa anggota legislatif dapat membantu memberikan jalan kepada seluruh anggota yang memiliki UKM untuk memfasilitasi sehingga UMKM dapat semakin dikenal oleh masyarakat luas” ujar Bu Tunik selaku pengurus Dekranasda. para pemilik UMKM memiliki harapan yang besar kepada pemerintah dan juga. Setelah melakukan wawancara oleh beberapa pemilik UMKM di beberapa kapanewon di Bantul, dapat disimpulkan bahwa seluruh UMKM mengharapkan adanya dukungan modal, hingga pendampingan langsung oleh pemerintah untuk ikut serta dalam memajukan UMKM yang berada di Kabupaten Bantul agar bisa maju pada taraf lokal hingga ke mancanegara. (Fsla)