4 Tahun DPRD Kabupaten Bantul Masa Jabatan 2019-2024 Untuk Bantul Semakin Maju

Minggu, 13 Agustus 2023 – Dalam rangka 4 tahun pengabdian DPRD Kabupaten Bantul Masa Jabatan 2019-2024, DPRD Kabupaten Bantul menggelar senam bersama dengan forkopimda, DPRD, OPD, Panewu, dan Lurah se-Kabupaten Bantul.Senam bersama dilaksanakan di lapangan DPRD Kabupaten Bantul dan disiarkan langsung oleh Jogja TV dalam acara dialog Gardu Projotamansari ini.

A group of people on a stage

Description automatically generated

Acara ini diawali dengan sambutan oleh wakil ketua III DPRD Kabupaten Bantul, Damba Aktivis, dilanjutkan dengan senam massal dan kuis sebagai hiburan bagi peserta. Dialog Gardu Projotamansari menghadirkan forkopimda sebagai narasumber. Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Bantul Joko Purnomo, Ketua DPRD Hanung Raharjo, Wakil Ketua II DPRD Subhan Nawwawi, Wakil Ketua III DPRD Damba Aktivis, Kapten TNI Mardiono, Kasi Datun Kejaksaan Negeri Bantul Rosidin, dan Kanit Polres Bantul Ibnu Paidi. 

A group of people sitting on a stage

Description automatically generated

 Empat tahun pengabdian DPRD Kabupaten Bantul masa jabatan 2019-2024 mengusung tema “Untuk Bantul semakin maju”. Pendidikan, Kesehatan, Perekonomian, dan Pembangunan infrastruktur menjadi pokok pembahasan kali ini. Ketua DPRD Bantul Hanung Raharja S.T berkomitmen dalam mengawal pemerintah di bidang kesehatan. Hanung menyampaikan, “Bidang Kesehatan sudah berjalan dengan baik, dilihat dari Masyarakat yang berjumlah hampir satu juta, sudah memiliki  kartu jaminan kesehatan yang mencapai persentase sebesar 98%.” Hal tersebut telah menjadi tanggung jawab komisi D untuk melakukan pengawasan dalam bidang kesejahteraan dan kesehatan. Disampaikan juga mengenai pembangunan infrastruktur yang juga dilakukan pengawasan oleh komisi C, berupa perbaikan jalan untuk memperingati hari jadi Bantul yang ke-192. 

Sebagai tambahan, terkait bidang pemerintahan dan perekonomian juga dikawal dengan baik oleh komisi A dan B sesuai bidang tugas masing-masing. Untuk mendukung keempat bidang tersebut perlu adanya sinergitas yang membangun kerjasama antara lembaga Eksekutif (DPRD Kabupaten Bantul), Legislatif (Pemerintah Daerah), dan Yudikatif (Polres, Dandim, dan Kejaksaan Negeri). Wakil Ketua III DPRD Kabupaten Bantul, Damba Aktivis menyampaikan ucapan terima kasih kepada penyelenggaraan pemerintahan daerah khususnya Sekretariat DPRD dalam mengelola pemerintahan serta kewenangan hakiki dan pokok. Hal lain yang disampaikan masih terkait dengan pendidikan dimana pendidikan di Kabupaten Bantul sudah terlaksana dengan baik dan terfasilitasi.

A group of people on a stage

Description automatically generated

Selain itu, Kapten TNI Mardiono menyampaikan pendapatnya mengenai pengelolaan sampah di Kabupaten Bantul sebaiknya dapat diusahakan untuk mengelola sampah sejak berada di rumah tangga yang akhirnya hanya sampai di pengelolaan sampah tingkat desa, sehingga tidak perlu sampai ke TPST. Maka pada tahun ini, pemerintah memiliki kewajiban untuk menyelenggarakan undang-undang mengenai keselamatan dan kesehatan masyarakat sesuai APBD, serta perbaikan untuk menyelesaikan permasalahan mengenai jalan rusak yang ada di Bantul. Di akhir acara, panitia penyelenggara kegiatan melakukan pengundian doorprize yang diselingi dengan hiburan musik sebagai penambah kemeriahan. (Fsla)